Selasa, 31 Desember 2013

Perusahaan yang akan kami dirikan bernama “GONDES BAG” (GB), merupakan sebuah perusahaan yang memproduksi tas untuk kalangan remaja. Produk yang kami tawarkan memiliki kelebihan tersendiri, dimana kami memilih bahan yang terbaik, memiliki desain yang elegan serta hampir keseluruhan produksi dilakukan secara manual. Kami juga membuat produk tas secara terbatas unitnya. Dalam pembuatan perusahaan tas ini terdapat 3 aspek untuk  menilai layak atau tidaknya bisnis yang akan kami dirikan, 3 aspek tersebut diantaranya :
1.      Aspek Teknis                                                                              
               Untuk menjaga keperrcayaan konsumen, kami menjanjikan kualitas yang baik, dari proses produksi hingga hasil akhir akan tetap terjaga. Pada tiap prosesnya akan melalui tahapan inspeksi yang dilakukan oleh manajer produksi guna menjaga kualitas.  
·         Lokasi Usaha                                                                                                            Kami akan memilih lokasi di daerah jl.C. Simanjuntak Yogakarta dimana lokasi yang cukup strategis di salah satu pusat perbelanjaan di Yogya. Di samping calon konsumen yang banyak, di daerah tersebut banyak SDM yang berpotensi untuk menunjang perusahaan kedepannya.
·         Pemilihan Strategi Produksi
Tas kami diproduksi secara terbatas / limited  sehingga produk yang kami tawarkan memiliki variasi dan bentuk yang banyak. Ini mengakibatkan pembuatan tas yang memerlukan waktu yang relatif lama, tetapi kualitas terjamin. Dalam proses produksi juga diawasi oleh manajer produksi yang selalu melakukan inspeksi dalam proses pembuatan. Manajer produksi merupakan tangan kanan owner yang memantau perkembangan produksi perusahaan.
·         Pemilihan dan Perencanaan Produk yang Akan Diproduksi
Untuk model produk yang akan kami tawarkan, kami selalu menunagkan ide-ide yang kreatif untuk motif maupun model. Kami juga mengikuti perkembangan tren yang ada di kalangan anak muda.

·           Rencana Kapasitas Produksi                                                                                   Untuk proses produksi, kami merekrut tenaga kerja sebanyak 8 orang, pada proses motif serta model 2 orang. Untuk manajer produsi 1 orang, sekaligus menangani order dari pelanggan. Untuk produksi tas, perusahaan mampu membuat 9 produk siap jual per harinya. Produksi per harinya disesuaikan dengan kondisi gudang, selain itu tingkat kerumitan produk juga mempengaruhi.
·           Manajemen Persediaan                                                                                            Bahan baku dan peralatan akan dibeli dalam jumlah yang banyak, dengan pertimbangan potongan harga, sifat bahan baku yang tahan lama, tidak membutuhkan perawatan khusus serta tidak memakan tempat.                     
·           Jenis Teknologi                                                                                              Jenis teknologi menggunakan alat semi-modern dimana menggunakan beberapa bantuan teknologi untuk beberapa proses produksi. Diluar itu kami menggunakan alat-alat sederhana. Kami juga menggunakan komputer untuk proses administrasi dan iklan.                                               
·           Pengawasan Kualitas Produk
Ada harga ada barang. Itulah salah satu moto perusahaan kami, dimana kami mencoba menawarkan kualitas yang baik dengan harga yang tidak bisa dibilang murah. Kualitas produk kami terjamin karena kami menggunakan bahan yang baik serta mengadakan inspeksi pada beberapa proses prodksi oleh manajer produksi.
·           Kecepatan,                                                                            
Kecepatan produksi tergantung dari tingkat kesulitan motif dan model yang akan di produksi. Disamping itu keterampilan pegawai juga akan mempengaruhi waktu produksi, sehingga perusahaan mengadakan beberapa pelatihan dasar untuk meningkatkan kemampuan pegawai guna proses produksi lebih cepat dan efisien.                        
·           Resiko Persaingan dan Intern
Resiko persaingan selalu ada, dari plagiat yang mengatasnamakan produk kami dengan harga murah dan tentu saja kualitas yang rendahan. Ini dapat menggangu kepercayan konsumen dan merusak nama perusahaan, karena perusahaan kami menjual produk eksklusif. Untuk faktor intern, bisa terjadi karena persaingan yang tidak sehat antar pegawai, sehingga mempengaruhi hasil produksi.                        
·           Rencana Operasional dalam Hal Jumlah Produksi                                   Memperkejakan 8 orang pegawai untuk proses produksi, 2 orang untuk proses motif dan model, 1 manajer produksi, 1 karyawan toko. Jam operasional  kerja mulai pukul 10.00 – 20.30 WIB.   
·           Rencana Pengendalian Persediaan, Bahan Baku dan Barang Jadi                     Untuk bahan baku, kami mengestimasikan 5 kodi untuk sekali pesan dimana persedian digudang tersisa 2 kodi. Sedangkan peralatan kami membeli secara grosir. Untuk penetuan jenis dan jumlah wewenang owner yang memberi keputusan. Biasanya dilihat dari jumlah stok barang di gudang. Tiap barang jadi selesai juga harus dilaporkan kepada manajer produksi, dan manajer produksi akan mencatat. Ini dilakukan untuk pencegahan tindak pencurian. Disamping itu perhitungan berkala juga harus dilakukan.
·           Layout Perusahaan “GONDES BAG

Gambar 1.1 Layout “ Gondes Bag “
2.      Aspek Pemasaran
·         Segmentasi dan Target Pasar
Daerah Istimewa Yogyakarta merupakan kota pelajar, yang banyak akan para remaja umur 17- 27 tahun sehingga prospek kedepan usaha ini sangat bagus dengan membidik kalangan remaja. Di samping itu, aspek wisatawan juga banyak sehingga menambah peluang konsumen, baik dari wisatawan domestik maupun luar negeri. Perusahaan kami juga akan merintis kegiatan ekspor ke luar negeri.
·         Keunggulan Kompetitif (Positioning) “GONDES BAG
Kami menargetkan pasar menengah ke atas yang menguatamakan kualitas terbaik, keramahan yang terjaga, kenyamanan tempat usaha, hubungan yang terjalin dengan baik serta harga yang pas sesuai dengan kualitas dan nilai artistik yang elegan. Kami juga menawarkan produk tas yang kreatif, inofatif ataupun sesuai tren yang telah ada.
·         Persaingan                                                                                                     Identifikasi pesaing dengan toko tas yang sudah ada dan semakin berkembang pesat, seperti menawarkan produk dengan diskon, melayani pemesanan produksi masal dengan harga yang tentunya lebih murah, ataupun dengan perusahaan yang sebelumnya telah memiliki brand yang lebih terkenal. Adapun kekuatan dan kelemahan pesaing itu sendiri diantaranya sebagai berikut :    
·         Kekuatan:
-   Telah memiliki nama di konsumen
-   Memiliki kualitas yang bagus dengan harga yang lebih terjangkau
·         Kelemahan
-          Barang-barangnya diproduksi massal sehingga lebih besar kemungkinan konsumen membeli barang yang sama
·         Faktor Produk                                                                                  
“Gondes Bag” menggunakan beberapa bahan untuk membuat tas, berikut bahan yang digunakan :
-          Berupa kain perca HTS 9 , Kain flanel, Kain katun, Kain kapas dll
Berikut gambar contoh tas yang akan diproduksi :

Gambar 2.1 Contoh produk tas
·         Faktor Promosi                                                                                                          Menggunakan banner atau poster, dan melalui sosial media. Mmberikan diskon terhadap pelanggan yang mempunyai member card yang diharapkan mampu menjaga loyalitas pelanggan terhadap “Gondes Bag”
·           Faktor Harga                                                                                                             Harga yang kami tawarkan mulai dari Rp. 150.000,- hingga Rp. 1.500.000,- dengan pilihan bahan dan kualitas yang berbeda.
·           Sikap, Perilaku dan Kepuasan Konsumen
Untuk sektor peluang, usaha tas Gondes Bag merupakan usaha yang sangat menjanjikan. Kecenderungan remaja sekarang yang menyukai hal-hal baru khususnya hal yang unik serta selalu ingin tampil fashionable dapat memunculkan minat mereka untuk membeli produk kami. Tas Gondes Bag yang kami produksi merupakan tas multigender dari perempuan maupun laki-laki,  pasti akan terlihat cocok dan lebih fashionable dengan menggunakan tas produk kami. Dari sektor kualitas, tas Gondes Bag sudah tidak bisa diragukan lagi dengan bahan dasar kelas satu seperti kain perca HTS 9 , Kain flanel, Kain katun, Kain kapas dll menjadikan produk kami menjadi salah satu produk unggulan dalam persaingan pada bisnis tas ransel yang fashionable. Produk-produk yang kami keluarkan akan selalu mengikuti tren-tren terbaru sehingga kepuasan konsumen akan terjaga.
3.      Aspek Manajemen                                                                                                    Beberapa kegiatan yang telah dilakukan oleh “Gondes Bag” untuk meningkatkan kinerja pegawai dan memajukan perusahaan :
1.      Penataran K3 untuk keselamatan kerja
2.      Kursus proses pembuatan tas
3.      Penyuluhan mengenai saluran limbah perusahaan
4.      Penyuluhan mengenai peningkatan mutu produk
5.      Pendidikan dan latihan proses pembuatan tas recycle dan masih banyak kegiatan yang lainnya.
            Dengan kegiatan yang akan dilakukan diatas diharapkan perusahaan mampu mencapai rencana jangka pendek dan panjang. Berikut ini akan dijabarkan rencana kerja dari produksi “Gondes Bag” baik rencana jangka pendek, dan rencana jangka panjang.
·         Rencana jangka pendek :
1.      Srana dan pra sarana kerja terpenuhi
2.      Proses pemasaran lebih efektif dan tepat sasaran
3.      Pemenuhan bahan baku yang berkualitas
4.      Merekrut pegawai yang memiliki potensi dan skill yang mumpuni

·         Rencana jangka panjang :
1.      Pengembangan pasar yang lebih luas
2.      Pengembangan inovasi produk
3.      Perusahaan lebih terstruktur
4.      Perusahaan mendapatkan laba yang lebih banyak
5.      Pencarian investor baru

·         Peralatan
Peralatan yang kami gunakan dalam usaha kami,antara lain:
-          Mesin Jahit                                 4 Unit
-          Gunting                                      10 Unit
-          Lem                                            1 Box
-          Komputer                                   1 unit
-          Alat-alat kebersihan                   1 set
-          Kulkas minuman botol               1 unit
·         Struktur Organisasi

Gambar 3.1 Struktur organisasi
Dengan owner sebagi pemimpin tertinggi penentu kebijakan, memiliki tangan kanan seorang manajer produksi dimana mengatur segala keperluan produksi dan inspeksi, serta sebagai koordinator layana pemesanan yang dilakukan oleh konsumen. Karyawan totel berjumlah 11 dimana 8 orang pada proses produksi, 2 orang pada motif dan model, 1 orang berada pada kasir.

·         Koordinasi
Manajer produksi dan SDM mengkoordinasikan kepada karyawan tentang tugas mereka masing-masing dan barang yang akan diproduksi. Koordinasi dilakukan setiap pagi sebelum toko buka yaitu pada pukul 09.30 WIB. Sebelum toko tutup pada pukul 20.00 manager melakukan evaluasi atas produk yang telah dibuat oleh karyawan dalam 1 hari penuh.
Karyawan yang dipekerjakan dalam usaha kami ini bersifat tetap dari pertama kali mereka dipekerjakan sehingga perusahaan harus mencipatakan lingkungan kerja yang baik untuk menciptakan kepuasan kerja karyawan dan menghindari karyawan yang mengundurkan diri. Karena pekerjaan yang dilakukan dalam usaha tidaklah beresiko maka kami tidak memberikan perlindungan khusus selama bekerja kepada para karyawannya. Sedang untuk kesehatan, kami memberikan tunjangan khusus yaitu apabila ada karyawan sakit, maka kami akan memberikan sejumlah uang sesuai dengan kondisi karyawan.

Gaji tenaga kerja @ Rp 1000.000,- per bulan Pada toko kami terdapat 11 karyawan sehingga jumlah seluruhnya yang dikeluarkan dalam 1 bulan oleh owner untuk biaya gaji bersih, yaitu: Rp11.000.000,- .Keahlian yang dimiliki oleh tenaga kerja adalah terampil dan ahli memuat berbagai keterampilan. Bonus diberikan kepada karyawan yang memiliki inovasi-inovasi baru yang dapat bermanfaat. Uang THR akan diberikan setiap menjelang lebaran yaitu sebesar 1 bulan gaji

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.