Perusahaan yang akan
kami dirikan bernama “GONDES BAG”
(GB), merupakan sebuah perusahaan yang memproduksi tas untuk kalangan remaja.
Produk yang kami tawarkan memiliki kelebihan tersendiri, dimana kami memilih
bahan yang terbaik, memiliki desain yang elegan serta hampir keseluruhan
produksi dilakukan secara manual. Kami juga membuat produk tas secara terbatas
unitnya. Dalam pembuatan perusahaan tas ini terdapat 3 aspek untuk menilai layak atau tidaknya bisnis yang akan
kami dirikan, 3 aspek tersebut diantaranya :
1.
Aspek Teknis
Untuk menjaga keperrcayaan
konsumen, kami menjanjikan kualitas yang baik, dari proses produksi hingga
hasil akhir akan tetap terjaga. Pada tiap prosesnya akan melalui tahapan
inspeksi yang dilakukan oleh manajer produksi guna menjaga kualitas.
·
Lokasi
Usaha
Kami
akan memilih lokasi di daerah jl.C. Simanjuntak Yogakarta dimana lokasi yang
cukup strategis di salah satu pusat perbelanjaan di Yogya. Di samping calon
konsumen yang banyak, di daerah tersebut banyak SDM yang berpotensi untuk
menunjang perusahaan kedepannya.
·
Pemilihan
Strategi Produksi
Tas
kami diproduksi secara terbatas / limited
sehingga produk yang kami tawarkan
memiliki variasi dan bentuk yang banyak. Ini mengakibatkan pembuatan tas yang
memerlukan waktu yang relatif lama, tetapi kualitas terjamin. Dalam proses
produksi juga diawasi oleh manajer produksi yang selalu melakukan inspeksi
dalam proses pembuatan. Manajer produksi merupakan tangan kanan owner yang memantau perkembangan
produksi perusahaan.
·
Pemilihan
dan Perencanaan Produk yang Akan Diproduksi
Untuk model produk yang akan kami
tawarkan, kami selalu menunagkan ide-ide yang kreatif untuk motif maupun model.
Kami juga mengikuti perkembangan tren yang ada di kalangan anak muda.
·
Rencana
Kapasitas Produksi Untuk
proses produksi, kami merekrut tenaga kerja sebanyak 8 orang, pada proses motif
serta model 2 orang. Untuk manajer produsi 1 orang, sekaligus menangani order
dari pelanggan. Untuk produksi tas, perusahaan mampu membuat 9 produk siap jual
per harinya. Produksi per harinya disesuaikan dengan kondisi gudang, selain itu
tingkat kerumitan produk juga mempengaruhi.
·
Manajemen
Persediaan Bahan
baku dan peralatan akan dibeli dalam jumlah yang banyak, dengan pertimbangan
potongan harga, sifat bahan baku yang tahan lama, tidak membutuhkan perawatan
khusus serta tidak memakan tempat.
·
Jenis
Teknologi Jenis
teknologi menggunakan alat semi-modern dimana menggunakan beberapa bantuan
teknologi untuk beberapa proses produksi. Diluar itu kami menggunakan alat-alat
sederhana. Kami juga menggunakan komputer untuk proses administrasi dan iklan.
·
Pengawasan
Kualitas Produk
Ada harga ada barang. Itulah salah satu
moto perusahaan kami, dimana kami mencoba menawarkan kualitas yang baik dengan
harga yang tidak bisa dibilang murah. Kualitas produk kami terjamin karena kami
menggunakan bahan yang baik serta mengadakan inspeksi pada beberapa proses
prodksi oleh manajer produksi.
·
Kecepatan,
Kecepatan
produksi tergantung dari tingkat kesulitan motif dan model yang akan di
produksi. Disamping itu keterampilan pegawai juga akan mempengaruhi waktu
produksi, sehingga perusahaan mengadakan beberapa pelatihan dasar untuk
meningkatkan kemampuan pegawai guna proses produksi lebih cepat dan efisien.
·
Resiko
Persaingan dan Intern
Resiko
persaingan selalu ada, dari plagiat yang mengatasnamakan produk kami dengan
harga murah dan tentu saja kualitas yang rendahan. Ini dapat menggangu
kepercayan konsumen dan merusak nama perusahaan, karena perusahaan kami menjual
produk eksklusif. Untuk faktor intern,
bisa terjadi karena persaingan yang tidak sehat antar pegawai, sehingga
mempengaruhi hasil produksi.
·
Rencana
Operasional dalam Hal Jumlah Produksi Memperkejakan
8 orang pegawai untuk proses produksi, 2 orang untuk proses motif dan model, 1
manajer produksi, 1 karyawan toko. Jam operasional kerja mulai pukul 10.00 – 20.30 WIB.
·
Rencana
Pengendalian Persediaan, Bahan Baku dan Barang Jadi Untuk bahan baku, kami
mengestimasikan 5 kodi untuk sekali pesan dimana persedian digudang tersisa 2
kodi. Sedangkan peralatan kami membeli secara grosir. Untuk penetuan jenis dan
jumlah wewenang owner yang memberi keputusan. Biasanya dilihat dari jumlah stok
barang di gudang. Tiap barang jadi selesai juga harus dilaporkan kepada manajer
produksi, dan manajer produksi akan mencatat. Ini dilakukan untuk pencegahan
tindak pencurian. Disamping itu perhitungan berkala juga harus dilakukan.
·
Layout Perusahaan “GONDES BAG“
Gambar 1.1 Layout “ Gondes Bag “
2. Aspek Pemasaran
·
Segmentasi dan Target Pasar
Daerah Istimewa Yogyakarta
merupakan kota pelajar, yang banyak akan para remaja umur 17- 27 tahun sehingga
prospek kedepan usaha ini sangat bagus dengan membidik kalangan remaja. Di
samping itu, aspek wisatawan juga banyak sehingga menambah peluang konsumen,
baik dari wisatawan domestik maupun luar negeri. Perusahaan kami juga akan
merintis kegiatan ekspor ke luar negeri.
·
Keunggulan
Kompetitif (Positioning) “GONDES BAG”
Kami
menargetkan pasar menengah ke atas yang menguatamakan kualitas terbaik,
keramahan yang terjaga, kenyamanan tempat usaha, hubungan yang terjalin dengan
baik serta harga yang pas sesuai dengan kualitas dan nilai artistik yang
elegan. Kami juga menawarkan produk tas yang kreatif, inofatif ataupun sesuai
tren yang telah ada.
·
Persaingan Identifikasi
pesaing dengan toko tas yang sudah ada dan semakin berkembang pesat, seperti
menawarkan produk dengan diskon, melayani pemesanan produksi masal dengan harga
yang tentunya lebih murah, ataupun dengan perusahaan yang sebelumnya telah
memiliki brand yang lebih terkenal. Adapun kekuatan dan kelemahan pesaing itu
sendiri diantaranya sebagai berikut :
·
Kekuatan:
- Telah
memiliki nama di konsumen
- Memiliki
kualitas yang bagus dengan harga yang lebih terjangkau
·
Kelemahan
-
Barang-barangnya
diproduksi massal sehingga lebih besar kemungkinan konsumen membeli barang yang
sama
·
Faktor
Produk
“Gondes
Bag” menggunakan beberapa bahan untuk
membuat tas, berikut bahan yang digunakan :
-
Berupa kain perca HTS 9 , Kain
flanel, Kain katun, Kain kapas dll
Berikut
gambar contoh tas yang akan diproduksi :
Gambar 2.1
Contoh produk tas
·
Faktor
Promosi Menggunakan banner atau poster, dan melalui sosial media. Mmberikan
diskon terhadap pelanggan yang mempunyai member card yang diharapkan mampu
menjaga loyalitas pelanggan terhadap “Gondes
Bag”
·
Faktor
Harga Harga
yang kami tawarkan mulai dari Rp. 150.000,- hingga Rp. 1.500.000,- dengan
pilihan bahan dan kualitas yang berbeda.
·
Sikap,
Perilaku dan Kepuasan Konsumen
Untuk
sektor peluang, usaha tas Gondes Bag
merupakan usaha yang sangat menjanjikan. Kecenderungan remaja sekarang yang
menyukai hal-hal baru khususnya hal yang unik serta selalu ingin tampil fashionable
dapat memunculkan minat mereka untuk membeli produk kami. Tas
Gondes Bag yang kami produksi
merupakan tas multigender dari perempuan maupun laki-laki, pasti akan terlihat cocok dan lebih
fashionable dengan menggunakan tas produk kami. Dari
sektor kualitas, tas Gondes Bag sudah
tidak bisa diragukan lagi dengan bahan dasar kelas satu seperti kain perca HTS 9 , Kain flanel, Kain katun, Kain kapas dll menjadikan produk kami menjadi salah satu
produk unggulan dalam persaingan pada bisnis tas ransel yang fashionable.
Produk-produk yang kami keluarkan akan selalu mengikuti tren-tren terbaru
sehingga kepuasan konsumen akan terjaga.
3.
Aspek
Manajemen Beberapa
kegiatan yang telah dilakukan oleh “Gondes
Bag” untuk meningkatkan kinerja pegawai dan memajukan perusahaan :
1.
Penataran K3 untuk keselamatan kerja
2.
Kursus proses pembuatan tas
3.
Penyuluhan mengenai saluran limbah
perusahaan
4.
Penyuluhan mengenai peningkatan mutu
produk
5.
Pendidikan dan latihan proses
pembuatan tas recycle dan masih
banyak kegiatan yang lainnya.
Dengan kegiatan yang akan dilakukan
diatas diharapkan perusahaan mampu mencapai rencana jangka pendek dan panjang. Berikut
ini akan dijabarkan rencana kerja dari produksi “Gondes Bag” baik rencana jangka pendek, dan rencana jangka panjang.
·
Rencana jangka pendek :
1.
Srana dan pra sarana
kerja terpenuhi
2.
Proses pemasaran lebih
efektif dan tepat sasaran
3.
Pemenuhan bahan baku
yang berkualitas
4.
Merekrut pegawai yang
memiliki potensi dan skill yang mumpuni
·
Rencana jangka panjang :
1.
Pengembangan pasar yang
lebih luas
2.
Pengembangan
inovasi
produk
3.
Perusahaan lebih
terstruktur
4.
Perusahaan mendapatkan
laba yang lebih banyak
5.
Pencarian investor baru
·
Peralatan
Peralatan yang kami gunakan dalam usaha kami,antara lain:
-
Mesin Jahit 4 Unit
-
Gunting 10 Unit
-
Lem 1
Box
-
Komputer
1
unit
-
Alat-alat
kebersihan 1 set
-
Kulkas
minuman botol 1 unit
·
Struktur Organisasi
Gambar
3.1 Struktur organisasi
Dengan owner sebagi pemimpin tertinggi penentu kebijakan, memiliki tangan
kanan seorang manajer produksi dimana mengatur segala keperluan produksi dan
inspeksi, serta sebagai koordinator layana pemesanan yang dilakukan oleh
konsumen. Karyawan totel berjumlah 11 dimana 8 orang pada proses produksi, 2
orang pada motif dan model, 1 orang berada pada kasir.
·
Koordinasi
Manajer
produksi dan SDM mengkoordinasikan kepada karyawan tentang tugas mereka
masing-masing dan barang yang akan diproduksi. Koordinasi dilakukan setiap pagi
sebelum toko buka yaitu pada pukul 09.30 WIB. Sebelum toko tutup pada pukul 20.00 manager melakukan
evaluasi atas produk yang telah dibuat oleh karyawan dalam 1 hari penuh.
Karyawan
yang dipekerjakan dalam usaha kami ini bersifat tetap dari pertama kali mereka
dipekerjakan sehingga perusahaan harus mencipatakan lingkungan kerja yang baik
untuk menciptakan kepuasan kerja karyawan dan menghindari karyawan yang
mengundurkan diri. Karena
pekerjaan yang dilakukan dalam usaha tidaklah beresiko maka kami tidak
memberikan perlindungan khusus selama bekerja kepada para karyawannya. Sedang
untuk kesehatan, kami memberikan tunjangan khusus yaitu apabila ada karyawan
sakit, maka kami akan memberikan sejumlah uang sesuai dengan kondisi karyawan.
Gaji tenaga kerja @ Rp 1000.000,- per bulan Pada toko kami terdapat 11 karyawan sehingga jumlah
seluruhnya yang dikeluarkan dalam 1 bulan oleh
owner untuk biaya gaji bersih, yaitu:
Rp11.000.000,- .Keahlian yang
dimiliki oleh tenaga kerja adalah terampil dan ahli memuat berbagai
keterampilan. Bonus diberikan kepada karyawan yang memiliki inovasi-inovasi baru yang dapat bermanfaat. Uang THR akan diberikan setiap menjelang lebaran yaitu
sebesar 1 bulan gaji
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.